S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra
DU-88111-20201-8811102100-1 Literasi Dalam Pendidikan

Dalam mata kuliah ini dikaji berbagai hal tentang literasi dan praktik yang menyertainya mulai dari refleksi kemampuan literasi, pembahasan mengenai literasi multimodal, literasi sebagai praktik sosial, kajian literasi baru, literasi multimodal, pembelajaran literasi, literasi lokal dan global, multiliterasi, literasu dan identitas, serta implikasi Gerakan Literasi Sekolah terhadap Kurikulum Nasional.

DU-88111-20201-8811102098-1 Literacy in Education

Dalam mata kuliah ini dikaji berbagai hal tentang literasi dan praktik yang menyertainya mulai dari refleksi kemampuan literasi, pembahasan mengenai literasi multimodal, literasi sebagai praktik sosial, kajian literasi baru, literasi multimodal, pembelajaran literasi, literasi lokal dan global, multiliterasi, literasu dan identitas, serta implikasi Gerakan Literasi Sekolah terhadap Kurikulum Nasional.

DU-88111-20201-8811102100-2 Literasi Dalam Pendidikan

Dalam mata kuliah ini dikaji berbagai hal tentang literasi dan praktik yang menyertainya mulai dari refleksi kemampuan literasi, pembahasan mengenai literasi multimodal, literasi sebagai praktik sosial, kajian literasi baru, literasi multimodal, pembelajaran literasi, literasi lokal dan global, multiliterasi, literasu dan identitas, serta implikasi Gerakan Literasi Sekolah terhadap Kurikulum Nasional.

DU-88111-20201-8811102098-2 Literacy in Education

Dalam mata kuliah ini dikaji berbagai hal tentang literasi dan praktik yang menyertainya mulai dari refleksi kemampuan literasi, pembahasan mengenai literasi multimodal, literasi sebagai praktik sosial, kajian literasi baru, literasi multimodal, pembelajaran literasi, literasi lokal dan global, multiliterasi, literasu dan identitas, serta implikasi Gerakan Literasi Sekolah terhadap Kurikulum Nasional.

DU-88111-20201-8811102237-1 Proposal Penelitian

Membina kompetensi mahasiswa dalam: (1) pemilihan topik penelitian tesis; (2) menyusun latar belakang, perumusan masalah, dan tujuan penelitian; (3) mendeskripsikan variabel-variabel penelitian diperoleh indikator; (4) menyusun desain penelitian, (5) menentukan populasi dan sampel atau subjek penelitian, (6) membakukan instrumen-instrumen penelitian, dan (7) menentukan teknik analisis data.

DU-88111-20191-8811102098-1 Literacy in Education
  • This course provides an overview of literacy studies while also focusing on the literacy practices and beliefs of particular groups. The course moves beyond the popular conceptualizations of literacy that typically define literacy as the ability to read and write. We will emphasize on the notion of literacy as social practice that take place in various settings—home, school, and community. Among many topics, we will explore the literacy debate (autonomous vs ideological model), multimodal literacies, multiliteracies, global and local literacies, the implications of Gerakan Literasi Sekolah to the National Curriculum. A new understanding of the place of literacy and literacies in social development in Indonesian context is our overarching goal.

DU-88111-20181-8811102100-1 Literacy in Education
This course provides an overview of literacy studies while also focusing on the literacy practices and beliefs of particular groups. The course moves beyond the popular conceptualizations of literacy that typically define literacy as the ability to read and write. We will emphasize on the notion of literacy as social practice that take place in various settings—home, school, and community. Among many topics, we will explore the literacy debate (autonomous vs ideological model), multimodal literacies, multiliteracies, global and local literacies, the implications of Gerakan Literasi Sekolah to the National Curriculum. A new understanding of the place of literacy and literacies in social development in Indonesian context is our overarching goal.
DU-88111-20172-8811103171-1 Sosiolinguistik

Mata kuliah ini berisi kajian mendalam tentang bahasa dan masyarakat bahasa, serta peran aspek sosial dalam kegiatan berbahasa (Buku Pedoman Program Pascasarjana). Mata kuliah ini disajikan secara teoretis dan praktis dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, presentasi, dan penugasan berbasis masalah.