S2 Bimbingan Konseling
DU-86101     -20202-12oke03026-1 ANALISIS DATA KUANTITATIF

Mata kuliah ini membelajarkan mahasiswa tentang berbagai teknik analisis data kuantitatif. Bahan kajian meliputi: hakekat analisis data kuantitatif; beberapa konsep dasar dalam analisis kuantitatif (data, populasi dan sampel; parameter; variabel, hipotesis); kesalahan sampling; kurva normal; uji asumsi; taraf dan uji signifikansi; teknik-teknik penyajian data; dan teknik-teknik analisis data parametrik dan non parametrik (konsep, contoh, dan latihan). Perkuliahan dilaksanakan melalui sistem daring dan luring dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, tugas rumah, dan studi kasus. Keberhasilan mahasiwa didasarkan pada nilai partisipasi, nilai tugas, nilai ujian tengah semester (UTS), dan nilai ujian akhir semester (UAS).

DU-86101     -20192-12oke03026-1 ANALISIS DATA KUANTITATIF

Mata kuliah ini membelajarkan mahasiswa tentang metode analisis data kuantitatif yang menekankan pada teknik-teknik statistik multivariate (metode statistik multivariat). Bahan kajian meliputi konsep dasar analisis multivariate, teknik- teknik multivariate, dan contoh-contoh analisis. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode yang menekankan pada keterlibatan aktif mahasiswa (active learning). Mahasiswa dibelajarkan tentang konsep, teknik-teknik, dna contoh analisis dan kemudian mahasiwa melakukan praktik analisis data secara manual dan menggunakan software SPSS. Keberhasilan mahasiwa didasarkan pada nilai partisipasi, nilai tugas, nilai ujian tengah semester (UTS), dan nilai ujian akhir semester (UAS).

DU-12oke-20181-8610503011-1 Teori dan Praktik Konseling

Membelajarkan mahasiswa tentang teori-teori konseling dari berbagai perspektif pendekatan dan orientasi teoretik melalui metode ceramah, diskusi, kolaboratif, dan studi kasus. Bahan belajar yang dikaji meliputi hakekat teori dan peran teori dalam praktek konseling, teori-teori konseling dari pendekatan psikodinamika, teori-teori konseling dari pendekatan humanistik, teori-teori konseling dari pendekatan perilaku, teori-teori konseling dari pendekatan kognitif, teori-teori konseling dari pendekatan humanistik, teori-teori konseling integratif, dan teori-teori konseling inovatif. Penilaian tentang keberhasilan didasarkan pada nilai partisipasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan nilai-nilai yang diperoleh oleh mahasiswa dalam menyelesaikan tugas terstruktur, kinerja dalam ujian tengah semester, kinerja dalam ujian akhir semester, dan penyelesaian tugas akhir.