S3 Pendidikan Matematika
DU-84002-20201-8400203040-1 Metodologi Penelitian Kualititatif Pendidikan Matematika (Methodology of Qualitative Research in Mathematics Education)

Pengkajian konsep penelitian kualitatif, yang meliputi hakikat penelitian kualitatif, paradigma penelitian kualitatif terdiri dari kualitatif pragmatis, teori grounded, etnografik, fenomenologi, kasus tunggal dan multi kasus, pendekatan historis, dan interaksi simbolik, rancangan penelitian kualitatif, berbagai teknik pemilihan partisipan dan pengumpulan data yang integratif dan rekursivitif, berbagai metode analisis data terdiri dari pengkodean, metode perbandingan tetap, analisis pola tematik, model interaktif, multikasus, abstraksi rekursif, dan analisis berbantuan komputer atau software, berbagai pandangan kualitas penelitian kualitatif, dan berbagai metode pemeriksaan keabsahan data, dan penelitian perancangan. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIK dengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian tengah semester (20%) dan penilaian akhir semester (30%).

DU-84002-20201-8400202059-1 Teori Kognisi dan Perbedaan Individu (Cognition Theory and Individual Diversity)

Pengkajian teori kognisi dan perbedaan individu dalam pendidikan matematika mencakup pembentukan konsep menurut teori Piaget, abstraksi, teori pemrosesan informasi, teori APOS, teori Prosep, embodied cognition, semiotic, metakognisi, serta aspek-aspek lain yang berkaitan dengan tema atau fokus penelitian mahasiswa. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIKdengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian tengah semester (20%) dan penilaian akhir semester (30%).

DU-84002-20201-8400202046-1 Analisis  Riset Pendidikan Matematika (Analysis of Mathematical Education Research)

Pengkajian penelitian pendidikan matematika yang mencakup kecenderungan tema penelitian pendidikan matematika, analisis artikel, kontruksi ide penelitian, dan penulisan karya akademik untuk mengembangkan kerangka teoritik dan konseptual suatu tema/fokus penelitian pendidikan matematika sesuai rencana penelitian yang dipilih mahasiswa. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIKdengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian analisis artikel (20%) dan penilaian akhir artikel kerangka teoritik(30%).

DU-84002-20201-8400202038-1 Filsafat Pendidikan Matematika (Philosophy of Mathematics Education)

Kajian berbagai aspek yang terkait dengan ontologi, epistimologi, aksiologi, dan estetika Matematika dan Pendidikaan matematika yang meliputi konsepfilsafatilmu, kedudukan filosofi matematika, pendidikan, dan pendidikan matematika, pemikiran filosofi matematika menurut pandangan realisme (platonisme, Arstitelesion), logisisme, formalisme, intuisionisme, konstruktivisme, finitisme, strukturalisme, teori-teori embodied, dan fiksionalisme, pemikiran filosofi pendidikan menurut pandangan realisme, skolastisisme, pragmatisme, analisisme, eksistensialisme, teori kritis, perenialisme, esesnsialisme, rekonstruksionisme sosial, demokratisme, dan progresivisme, pemikiran filosofi pendidikan matematika dalam hal status pendidikan matematika dan bidang ilmu lain, pengajaran matematika, belajar matematika, berbagai tujuan pendidikan menurut pandangan otoriter, pragmatis industri, humanisme, pendidik progresif, dan pendidik umum, teori belajar menurut pandangan behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme, dan enaktivisme, serta estetika matematika. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIK dengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian tengah semester (20%) dan penilaian akhir semester (30%).