S3 Manajemen Pendidikan
DU-86031-20201-8603104912-1 Manajemen Mutu Terpadu

Mata kuliah ini mengkaji tentang sistem penyelenggaraan pendidikan dalam berbagai jenjang dengan Manajemen Mutu Terpadu (MMT) sebagai pirantinya. Materi dalam matakuliah ini meliputi pandangan para ahli tentang MMT, penerapan dan pemanfaatan MMT dalam sistem penjaminan mutu pendidikan pada seluruh jenjang satuan pendidikan, serta akuntabilitas penyelenggaraan pendidikan dalam memenuhi standar yang telah ditetapkan BNSP. Pembelajaran dilakukan melalui proses diskusi kelompok dan penugasan individu dalam bentuk analisis terhadap permasalahan mutu pendidikan dan sistem penjaminannya,menemukan alternatif-alternatif pemecahan masalah. Selain itu, mahasiswa memanfaatkan TIK untuk menelusuri Jurnal (internasional maupun nasional bereputasi) yang memuat artikel hasil penelitian yang relevan dengan kajian mutu pendidikan untuk di review .

DU-86031-20201-8603102007-1 Filsafat Ilmu Manajemen Pendidikan

Mata kuliah ini menyajikan, membahas dan mendiskusikan manajemen pendidikan sebagai disiplin ilmu pengetahuan yang diterapkan dalam kehidupan bermasyakat berdasarkan teori yang terus diperbaharui menurut perkembangan jaman. Manajemen pendidikan di pelajari dari dimensi sudut pandang filsafat. Manajemen pendidikan sebagai ilmu pengetahuan dipelajari dari dimensi ontologi, epistimoilogi dan aksiologi, direnungkan secara kritis, sistimatis, mendasar dan integral. Manajemen pendidikan merupakan ilmu pengetahuan yang berkembang sebagai hasil renungan filosofis dan peraktek empirik yang kemudian digunakan untuk memecahkan masalah pendidikan dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa dalam bentuk sistem, organisasi dan manajemen pendidikan.

Ilmu pendidikan merupakann ilmu pengetahuan yang normatif praktis, berada dalam pengalaman interaksi pergaulan antar manusia. Peraktek pendidikan mengambil seting dalam fenomena kehidupan interaksi antara pendidik dengan peserta didik guna mengembangkan potensi peserta didik mencapai tujuan pendidikan.

Manajemen pendidikan memerlukan analisis kritis berdasarkan ilmu pengetahuan untuk mewujudkan pengembangan potensi peserta didik dalam merubah sikap supaya tercapai tujuan pendidikan (nasional) agar lahir manusia beriman dan bertakwa yang cerdas dan kompetitip sehingga lahir manusia unggul berakhlak mulia.

DU-86031-20192-8603102002-1 Auditing

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep audit investigasi, manajemen & organisasi, audit (inspektorat) kepengawasan pendidikan, audit akuntansi, audit sosial, publik/formal, prinsip dan prosedur laporan audit serta implementasi audit internal dan eksternal berbagai bidang dan berbagai departemen di Indonesia dan dunia/global.