S2 Pendidikan IPS
DU-87120-20201-8712002027-1 Konsep Dasar Ips

Mata kuliah Konsep Dasar IPS SD ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang konsep dasar IPS sebagai landasan kajian yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi geografi, sosiologi, antropologi, ekonomi, sejarah, politik, keterampilan dan nilai-nilai. Mata kuliah ini meliputi substansi bidang kajian IPS, pemahaman esensi konsep dan proses pembentuknya, cakupan konsep-konsep dasar geografi, sosiologi, antropologi, ekonomi, sejarah. Mata kuliah ini dirancang melalui pembelajaran berbasis aktivitas, menghasilkan produk dan mampu mengembangkan kemampuan berpikir melalui kegiatan inkuiri, investigasi kelompok, diskusi terfokus, berorientasi penyelesaian masalah. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memahami konsep esensial displin ilmu-ilmu sosial untuk dikembangkan dalam kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI).

DU-87120-20201-8712003089-1 METODOLOGI PENELITIAN IPS
DU-87120-20201-8712002035-1 Pedagogik Transformatif
Matakuliah pedagogik transformartif memberikan pemahaman kepada mahasiswa bahwa pendidikan merupakan humanisasi dan kehidupan itu sendiri. Pedagogik transforamtif merupakan pendidikan yang tidak memisahkan teori dan praksis kritis kehidupan, tidak ada disparitas di antara keduanya sehingga pendidikan bermakna bagi kemanusiaan dan kehidupan. Pembelajaran matakuliah pedagogik transformatif diawali dari penelusuran historisitas pertumbuhan dan perkembangan pedagogik trasformatif hingga praksis kritis idiologi pedagogik transformatif pada kurikulum nasional Indonesia. Ruang lingkup matakuiah diawali dari sejarah pemikiran pedagogik transformatif, filosofis pendidikan yang mendukung, teori-teori belajar yang relevan, dan praksis pedagogik transformatif pada kurikulum ilmu pengetahuan sosial (IPS) di Sekolah Menengah Pertama (IPS)