DU-86202-20201-8620202185-1 Pembelajaran B.Indonesia Bagi Anak  Berkebutuhan Khusus

Deskripsi

Melalui pemanfaatan TIK, mengkaji referensi, menganalisis kasus-kasus Pembelajaran Bahasa Indonesia (PBI) di sekolah Reguler- inklusif dan Sekolah Luar Biasa (SLB/SDLB), dalam mata kuliah ini mahasiswa bertanggungjawab menguasai konsep-konsep pendidikan bahasa Indonesia untuk dasar mengambil keputusan memecahkan permasalahan PBI-ABK, mengaplikasikannya dalam perencanaan dan pelaksanaan PBI. Konsep PBI, meliputi: (1) Hakikat bahasa: sistem, bentuk, unsur, (2) Hakikat Keterampilan Berbahasa/Literasi; (3) landasan pembelajaran bahasa: teori pembelajaran terkait pemerolehan bahasa, pendekatan PBI, metode dan teknik PBI untuk kelas permulaan dan kelas lanjut, media dan asesmen/evaluasi. Mengaplikasikan konsep dalam menyusun RPP/Program. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem presentasi, diskusi, tugas proyek, dan refleksi.