DU-88202-20202-8820202199-1 Seni Karawitan
  1. Memanfaatkan IPTEKS untuk mendapatkan, mengumpulkan, dan mengolah berbagai pemahaman bentuk gamelan, fungsi gamelan, titilaras, pathet, teknik menabuh, dan bentuk gendingdalam rangka meningkatkan keterampilan karawitan gaya Surakarta dengan penekanan pada bentuk gending lancaran dalam pembelajaran bahasa Jawa di sekolah.
  2. Menguasai konsep teoretis tentang bentuk gamelan, fungsi gamelan, titilaras, pathet, teknik menabuh, dan bentuk gending, serta mampu memformulasikan dalam penyelesaian berbagai permasalahan karawitan gaya Surakarta dengan penekanan pada bentuk gending lancaran secara prosedural.
  3. Mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi dalam penyelesaian dan pemecahan permasalahan karawitan gaya Surakarta dengan penekanan pada bentuk gending lancaran dalam pembelajaran bahasa Jawa di sekolah.
  4. Memiliki komitmen dan sikap bertanggungjawab pada kinerja pembelajaran sendiri dan kelompok dalam pemecahan berbagai permasalahan praktik karawitan gaya Surakarta dengan penekanan pada bentuk gending lancarandalam pembelajaran bahasa dan sastra Jawa di sekolah.